Pengertian Microsoft Excel adalah sangat penting
untuk kita ketahui. Mengetahui definisinya adalah langkah awal kita dalam
mempelajari Microsoft Excel.
Jadi, Microsoft Excel itu adalah salah satu
aplikasi dari Microsoft Office yang dirancang untuk mengolah angka/data dan
menyajikannya dalam bentuk tabel ataupun grafik.
Microsoft Excel ini berjalan di bawah sistem
operasi Windows. Selain Microsoft Word, aplikasi Microsoft Excel ini juga
termasuk salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam berbagai bidang,
khususnya untuk bidang yang membutuhkan perhitungan matematika yang kompleks.
Microsoft Excel ini memiliki banyak keunggulan.
Jika kita ingin membuat laporan keuangan yang membutuhkan perhitungan
matematika, maka Microsoft Excel dapat dijadikan solusi dalam mengatasi
permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan Microsoft Excel menyediakan banyak
sekali rumus-rumus matematika yang bisa menyelesaikan perhitungan yang
kompleks.
Rumus-rumus Microsoft Excel tersebut antara lain
yaitu rumus SUM untuk menghitung total nilai, rumus AVERAGE untuk menghitung
rata-rata, rumus MAX untuk menghitung nilai tertinggi, rumus MIN untuk
menghitung Nilai terendah, rumus Count untuk menghitung banyak Item, dan
sebagainya.
Rumus-rumus Microsoft Excel ini memiliki banyak
keunggulan, salah satunya yaitu bisa digunakan secara otomatis, misalkan kita
ingin membuat laporan penjualan barang, dan dalam laporan penjualan tersebut
berisi total penjualan penjualan barang setiap harinya.
Jika kita tulis laporannya di buku secara manual,
tentu saja kita harus memasukan rumus berulang kali karena total penjualannya
ada banyak. Namun, dengan aplikasi Microsoft Excel, kita tidak perlu melakukan
hal itu. Karena, program Microsoft Excel memberikan kita kemudahan dalam menggunakan
rumus.
Jadi, kita tidak perlu membuat rumusnya berulang
kali, kita cukup membuat rumus satu kali, lalu kita drag di kolom atau baris
yang kita inginkan. Setelah kita selesai mendrag atau menariknya. Maka, secara
otomatis total penjualan akan terhitung sesuai dengan kolom dan baris yang
bersesuian.
Microsoft Excel juga memiliki keunggulan yang
lain yaitu dapat menyelesaikan pekerjaan kita secara efektif dan efesien,
terutama disaat kita melakukan kesalahan dalam memasukkan data. Misalkan kita
sudah selesai membuat sebuah laporan penjualan dengan menggunakan rumus SUM
untuk menghitung total penjualan.
Namun, setelah kita periksa, ternyata ada data
angka yang harus kita ganti. Misalkan data itu adalah harga dari sebuah barang
maka kita tidak perlu khawatir untuk mengatasinya. Jadi, cara mengatasinya
cukup dengan mengganti data yang ingin kita ganti. Kita tidak perlu mengulangi
rumus yang sudah kita gunakan. Ketika kita selesai menggantinya, maka total
penjualan akan berubah secara otomatis.
Selain itu, Microsoft
Excel juga memiliki fitur yang cukup canggih. Fitur tersebut yaitu Ascending
dan Descending. Dengan fitur ini, kita bisa mengurutkan data secara otomatis.
Cara pengurutannya bisa dilakukan berdasarkan abjad dan bisa juga berdasarkan
angka. Dalam hal ini, pengurutan pada microsoft excel dibedakan menjadi 2
antara lain yaitu :
1.
Ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil
sampai terbesar.
2.
Descending atau pengurutan dari yang besar ke yang
kecil.
A.
Kegunaan Microsoft Excel
Aplikasi Microsoft Excel memiliki banyak sekali
kegunaan. Kali ini penjelasan tentang kegunaan Microsoft Excel saya bagi dalam
berbagai bidang. Adapun kegunaannya yaitu sebagai berikut :
1. Bidang Akuntansi
Program Microsoft Excel banyak sekali digunakan
oleh para akuntan dalam membuat laporan keuangan. Contoh dari penggunaan
program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah
rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu tahun,
menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.
2. Bidang Pendidikan
Aplikasi Microsoft Excel juga sering digunakan di
bidang pendidikan, antara lain yaitu membuat laporan nilai siswa, membuat
laporan keuangan sekolah, membuat laporan data guru, membuat laporan data siswa
dan lain-lain.
Dalam Microsoft Excel terdapat rumus IF, rumus
ini sangat bermanfaat sekali dalam membuat laporan nilai siswa, dengan rumus IF
guru dapat dengan mudah mengetahui siswa yang harus melakukan remedial dan
siswa yang telah lulus standar kompetensi.
3. Bidang Administrasi
Microsoft Excel juga bermanfaat di bidang
administrasi, misalnya dalam pendataan karyawan. Dengan menggunakan fitur
ascending dan Descending, kita dapat membuat sebuah tabel yang berisi daftar
karyawan secara terurut.
B.
Langkah-langkah Memulai Microsoft Excel
Untuk memulai atau membuka program Microsoft
Excel caranya sangat mudah sekali, adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai
berikut :
1. Klik
Tombol Start (Lambang Windows)
2. Klik
All Program
3. Klik
Microsoft Office
4. 4.
Klik Microsoft Excel
Pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan
pada lembar kerja Excel yang disebut dengan Worksheet. Dengan kata lain,
Worksheet ini berfungsi sebagai lembaran tempat kita mengetik dan juga mengolah
data.
Dalam 1 file Microsoft Excel bisa terdapat
beberapa worksheet.
Jadi, worksheet atau lembar kerja excel tersebut bisa
ditambah. Untuk membedakan antara satu worksheet dan worksheet yang lainnya
bisa dilakukan dengan mengubah namanya. Kemudian, untuk mengaktifkan lembar
kerja yang kita inginkan, kita bisa bisa mengklik worksheet yang kita inginkan.
Selain worksheet, ada banyak istilah-istilah pada
Microsoft Excel yang perlu kita ketahui. Pada kesempatan kali ini, saya akan
coba menjelaskan istilah-istilah yang ada pada Microsoft Excel. Adapun
istilah-istilahnya yaitu sebagai berikut :
Title Bar : Baris yang berisi judul program
Menu Bar : Baris
yang berisi Menu Prog ram
Toolbar : Ares yang terdiri dari icon-icon (gambar) yang mewakili satu
perintah
Pointer : Penunjuk sel
Scroll
Bar : fitur yang berfungsi untuk menggulung lembar kerja
Formula
Bar : Tempat untuk menampilkan rumus atau formula
Worksheet : Bagian dari workbook, terdiri dari 256 kolom dan 65536
Sel : Pertemuan kolom dan baris
Worksheet : Bagian dari workbook, terdiri dari 256 kolom dan 65536
Sel : Pertemuan kolom dan baris
Nama-nama Toolbar Standar
New Work
Book : Membuat lembar kerja baru
File
Open : Membuka file yang pernah disimpan
File Save : Menyimpan file ke media penyimpanan
File Print : Mencetak laporan ke kertas
Print Preview : Mencetak laporan ke kertas
Cut : Memindahkan area yang diblok
Copy : Menduplikasi data
Paste : Menampilkan kembali data yang dicopy atau dicut
Format Painter : Mengcopy format suatu text dengan cepat
Undo : Membatalkan perintah terakhir
Redo : Mengulang kembali perintah yang dibatalkan
AutoSum : Penjumlahan otomatis
Function Wizard : Menghitung dengan menggunakan fungsi
Sort Ascending : Mengurutkan data dari kecil ke besar
File Save : Menyimpan file ke media penyimpanan
File Print : Mencetak laporan ke kertas
Print Preview : Mencetak laporan ke kertas
Cut : Memindahkan area yang diblok
Copy : Menduplikasi data
Paste : Menampilkan kembali data yang dicopy atau dicut
Format Painter : Mengcopy format suatu text dengan cepat
Undo : Membatalkan perintah terakhir
Redo : Mengulang kembali perintah yang dibatalkan
AutoSum : Penjumlahan otomatis
Function Wizard : Menghitung dengan menggunakan fungsi
Sort Ascending : Mengurutkan data dari kecil ke besar
Data adalah bahan-bahan yang akan diproses hingga
menghasilkan suatu informasi. Bentuk data dalam Excel terbagi atas :
1. Data Numerik
Tipe data ini digunakan untuk memasukkan data
dalam bentuk angka. Dengan adanya tipe data numerik ini, kita dapat melakukan
operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
Tipe data ini sangat sering digunakan orang dalam membuat laporan keuangan.
2. Data String
Tipe data ini digunakan untuk memasukkan data
berbentuk huruf, simbol, gabungan huruf dengan angka, atau semuanya angka yang
dimulai dengan tanda prefix(‘), tapi tidak dapat dilakukan proses matematika.
3. Data Tanggal
Tipe data ini digunakan untuk memasukkan data
berbentuk tanggal. Tipe data ini biasanya digunakan untuk membuat laporan yang
menggunakan tanggal, seperti laporan data stok barang. Tipe data ini akan
memudahkan kita dalam mengakses barang yang habis terjual dalam beberapa hari.
Tipe data ini terdiri dari tanggal, bulan dan tahun.
4. Data Waktu
Tipe data ini digunakan untuk memasukkan data
berbentuk waktu. Tipe data ini biasanya digunakan oleh jasa angkutan untuk
membuat jadwal keberangkatan. Tipe data ini terdiri dari jam, menit dan detik.
5. Data Rumus
Tipe data ini digunakan untuk memasukkan rumus
yang dimulai dengan tanda “=” Pada dasarnya ada banyak sekali rumus yang
digunakan untuk tipe data ini, seperti rumus SUM untuk menghitung jumlah,
AVERAGE untuk menghitung rata-rata, Count untuk menghitung banyak item, MAX
untuk menghitung nilai tertinggi, MIN untuk menghitung nilai terendah dan
lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar